Petral Likuidasi, Pertamina Hemat USD133 Juta

Kam, Nov 26, 2015
pertamina

PT Pertamina (Persero) mengungkapkan terjadinya perbaikan rantai pasok Bahan Bakar Minyak (BBM) dan minyak mentah melalui transformasi Integrated Supply Chain (ISC). ISC merupakan lembaga yang dibentuk untuk menggantikan Petral.

Menurut Wianda Pusponegoro selaku Vice President Corporate Communication Pertamina, ISC kini terus melakukan transformasi untuk memastikan ketahanan pasokan BBM dan optimasi-optimasi rantai pasok hilir berjalan dengan baik. Wianda menjelaskan transformasi juga ditujukan terciptanya best practices proses pengadaan mulai dari perencanaan hingga dihasilkannya hasil terbaik melalui proses yang transparan. “Transformasi ini telah dimulai dan telah menghasilkan perubahan positif, di mana efisiensi hingga pekan terakhir November 2015 ini mencapai USD133 juta,” ungkap Vice President tersebut.

Langkah-langkah yang sudah dilakukan meliputi : membuka kesempatan yang sama kepada lebih banyak mitra untuk berkompetisi memberikan penawaran terbaik, menerapkan proses evaluasi tander yang transparan, dan mengurangi biaya dengan penerapan skema pembayaran TT (telegraphic transfer).

“Untuk menjamin transparansi tersebut ISC Pertamina juga menyajikan keterbukaan informasi pengadaan melalui situs resmi perusahaan,” katanya.