Pertamina Kantongi Puluhan Miliar Dari Kerjasamanya Dengan Garuda

Sen, Nov 30, 2015
pertamina-garuda-indonesia

PT Pertamina bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia Tbk, untuk mengoptimalkan aset-aset yang dimiliki, termasuk Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten.

Dengan kerja sama yang terjalin antara kedua belah pihak, Pertamina dianggap memiliki potensi pendapatan tambahan sebanyak puluhan miliar per tahun.

“Optimalisasi ini diharapkan akan mendapatkan tambahan revenue sebesar Rp40-50 miliar per tahun,” kata Dwi Soetjipto, Direktur Utama Pertamina, di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin 30 November 2015.

Dwi mengatakan, bandara pondok cabe tersebut akan digunakan oleh Garuda Indonesia pada 2016. Bandara seluas 110 hektare ini punya 2.200 meter landasan pacu (run way) dan bisa menampung pesawat sebanyak 20-30 pesawat per hari.

“Sekarang lagi dalam proses pengaspalan,” ujarnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo memastikan, kerja sama dengan Pertamina ke depannya tak hanya berkutat pada operasional bandara, tetapi operasional pesawat.

Maskapai milik Pertamina, Pelita Air, bisa menggunakan fasilitas perbaikan pesawat milik Garuda, yaitu Garuda Maintenance Facility (GMF).

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan kerja sama dua BUMN besar tersebut dengan tambahan pendapatan puluhan miliar rupiah dirasa terlalu kecil .

Ia menegaskan, kerja sama tersebut sangat perlu untuk dioptimalkan kembali. Sehingga, bisa saling menguntungkan bagi kedua pihak.

“(Tambahan) Rp45 miliar terlalu kecil (untuk kerja sama) antara Pertamina dengan Garuda,” ujar Rini di tempat yang sama.