Menteri Susi Kecam Perbudakan Industri Perikanan

Sen, Nov 30, 2015
menteri susi

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengecam adanya perbudakan dalam industri perikanan di dunia. Menteri Susi menilai perbudakan telah menyalahi Hak Asasi Manusia (HAM). “Perbudakan di industri ini sangat buruk,” tegasnya saat membuka Kegiatan Lokakarya Internasional tentang Perlindungan Hak Asasi Manusia pada usaha perikanan di Indonesia di Hotel Borobudur, Senin, 30 November 2015.

Perbudakan membuat ribuan orang kehilangan HAM. Menurut Menteri Susi, harus ada terobosan yang dilakukan untuk memotong rantai perbudakan dunia terurama di industri kelautan dan perikanan, “Kita tidak bisa biarkan hal ini terjadi, sungguh memalukan bahwa masih banyak orang di luar sana menderita.”

Mereka, kata Menteri Susi, menyiapkan hidangan terbaik kita di atas meja makan tapi diperlakukan seperti budak. Kekejian tersebut mendorong Mantan Bos Susi Air ini mengajak seluruh negara untuk menentang adanya sistem perbudakan di dunia.

“Saya meminta setiap negara untuk melihat dan melakukan tindakan yang seharusnya melakukan, ayo kita dorong pencegahan IUU fishing tidak hanya pada perikanan penangkapan ilegal tapi juga mengarah kepada nasib pekerja,” tegas Menteri Susi. Bagaimana menurut Anda? (MW)