Isi Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 2

Rab, Sep 30, 2015
Paket Kebijakan Ekonomi

Kemarin tanggal 29 September 2015 sudah dikeluarkan paket kebijakan ekonomi jilid 2 oleh pemerintah yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi. Menurut para pengamat, kebijakan baru ini baru akan terasa dalam jangka waktu menengah. Kebijakan baru ini diprediksi akan terasa dalam jangka menengah dikarenakan masih berfokus pada kebijakan tahap 1 untuk meningkatkan tingkat kepercayaan pasar. Sebagai contoh kebijakan untuk mempermudah iklim investasi, kemudahan perizinan dan membuka bisnis.

Yang diharapkan oleh pemerhati ekonomi dari paket kebijakan ekonomi jilid 2 adalah juga menelurkan solusi jangka pendek yang dapat dirasakan manfaatnya langsung bagi masyarakat, seperti masalah PHK yang bisa menggerus daya beli jika terus menerus berlangsung. Dari paket kebijakan ekonomi jilid 2 ditelurkan kebijakan pemberian insentif bagi para eksportir yang memungkinkan menghasilkan sentimen positif terhadap perbaikan pasar valuta asing (valas) dalam negeri.

Berikut Paket Kebijakan Ekonomi Jilid 2 :

  • Mempersingkat perizinan di kawasan industri
  • Mempermudah perizinan investasi di sektor kehutanan
  • Melonggarkan prasyarat untuk impor barang-barang di sektor transportasi (kapal, kereta api, pesawat terbang, termasuk suku cadangnya) dengan memotong PPN
  • Menyelesaikan regulasi pusat logistik nasional
  • Memangkas pajak deposito untuk menarik devisa hasil ekspor (DHE)