Investasi PGN di Amerika Serikat

Kam, Nov 12, 2015
PGN di Amerika

PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN menyatakan bahwa investasi aset hulu di blok gas serpih, Fasken Eagle Ford di Amerika Serikat masih berjalan sesuai rencana. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen PGN, Bapak M Wahid Sutopo bahwa produksi shale gas di Fasken Eagle dalam kondisi baik dan berjalan sesuai dengan rencana awal investasi PGN di Amerika Serikat.

Volume produksi gas di negara bagian Texas Amerika Serikat tersebut mencapai kisaran 180 juta sampai 190 juta kaki kubik. Area produksi di Fasken sudah terhubung dengan jaringan pipa. Sistem pengaturan pengaliran dan distribusi gas ke pelanggan akhir yaitu sektor industri pun telah disiapkan. Kinerja keuangan di Fasken terhitung bagus karena harga gas masih berada jauh di atas harga keekonomian.

Sementara itu nilai akuisisi Fasken sendiri mencapai angka USD 175 juta, yang dibayarkan kepada Swift Energy sebagai pengelola gas terseut. PGN membayar USD 125 juta dalam bentuk tunai dan USD 50 juta untuk pengembangan. Cadangan blok tercatat di akhir 2013 mencapai 87,6 juta barel oil, sedangkan area aset 8.300 acre dengan status sudah berproduksi. Selain itu kontrak akan selesai pada tahun 2050.