IMF Tetapkan Mata Uang Yuan Sebagai Mata Uang Cadangan Global

Sen, Nov 30, 2015
mata-uang-yuan

International Monetary Fund (IMF), hari ini, Senin, 30 November 2015, mengumumkan mata uang Yuan milik China akan ditetapkan jadi mata uang cadangan.

Dilansir dari halaman BBC, yuan akan bersanding dengan deretan mata uang cadangan IMF lainnya seperti dolar Amerika Serikat, euro, yen dan poundsterling.

Christine Lagarde, Managing Director IMF, pada awal bulan ini sudah menyatakan dukungannya untuk membuat yuan menjadi salah satu mata uang cadangan dunia.

Menurut perkiraan para analis, Jika IMF menyetujui, maka kemungkinan mata uang yuan resmi masuk ke dalam grup mata uang cadangan global tahun depan.

China merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia setelah AS. Sebenarnya tahun lalu Negeri Tirai Bambu sudah meminta dan mengupayakan mata uangnya bisa masuk kriteria menjadi mata uang cadangan IMF.

Namun, upaya tersebut gagal karena China dikhawatiran gagal untuk menjaga nilai tukar mata uangnya. Kemudian mata uang yuan dinyatakan belum memenuhi kriteria mata uang cadangan yang ditetapkan IMF.

Namun pemerintah China tidak menyerah, para pejabat pemerintahan terus memberikan upaya dukungan agar mata uang negaranya bisa masuk ke dalam kriteria mata uang cadangan global.

Akhirnya upaya tersebut membuahkan hasil. Staf IMF baru-baru ini menuturkan bahwa organisasi keuangan global itu akan mensahkan langkah tersebut.