Djarum, Keluarga Paling Kaya Indonesia

Jum, Okt 9, 2015
keluarga Hartono

Keluarga Hartono adalah keluarga paling kaya raya di Indonesia. Tak heran jika pada Kamis, 8 Oktober 2015, Forbes menempatkan Keluarga Hartono dalam peringkat 12 dari 50 daftar Keluarga Terkaya di Asia. Yang menjadi indikator keluarga terkaya adalah jika harta kekayaan keluarga tersebut dapat bertahan setidaknya selama 3 generasi, memiliki kontrol, serta berpengaruh bagi para pemegang saham.

Pemilik Grup Djarum ini mengantongi kekayaan USD 12,57 miliar atau Rp 176,5 triliun (kurs Rp13.895 per USD). Sosok yang paling dikenal dari keluarga Taipan (konglomerat) ini adalah R Budi Hartono dan Michael Hartono.
Asal muasal kekayaan keluarga ini berawal sejak tahun 1950. Saat itu Oei Wie Gwan melakukan akuisisi pada hampir semua perusahaan rokok yang hampir bangkrut di Kudus, Jawa Tengah. Perusahaan itu pun akhirnya dikenal dengan sebutan Djarum.

Setelah meninggal pada 1963, dua orang puteranya, Robert Budi dan Michael Hartono, mengambil alih bisnis keluarga ini. Saat ini anak tertua Budi, Victor Hartono menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Djarum yang merupakan perusahaan rokok terbesar di dunia. Sementara itu sang istri, Amelia Santoso adalah putri dari Benny Setiawan Santoso. Dalam bisnis Grup Salim, Benny menjabat posisi penting, yakni sebagai komisaris PT Indofood Sukses Makmur Tbk.

Tak hanya sebagai pemilik Grup Djarum, keluarga Hartono juga memiliki beberapa perusahaan ternama lainnya, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Bank BCA merupakan bank terbesar dari segi market value dan bank terbesar kedua dari segi aset. Selain itu, perusahaan keluarga Hartono ini juga memiliki 47 % saham dari Farindo Investment, perusahaan investasi yang punya banyak saham di perusahaan-perusahaan terkemuka. (MW)