Bersiap Menghadapi MEA 2015, Indonesia Andalkan 4 Bidang Ini

Jum, Des 4, 2015
sumber: primaradio.co.id

sumber: primaradio.co.id

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan serta pembenahan berbagai bidang menjadi fokus utama Indonesia dalam menghadapi pasar bebas antarnegara ASEAN ini. Pemerintah juga menghimbau para tenaga kerja untuk tidak khawatir. Pasalnya, Indonesia memiliki bidang yang dapat diandalkan untuk menghadapi MEA akhir Desember ini.

Seperti dilansir dalam portal www.kabarbisnis.com, dalam seminar bertema “Meningkatkan Kesiapan Tenaga Kerja dan Dunia Usaha di Sumatera Barat Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015” yang digelar di Padang, Kamis (3/11) kemarin, Direktur Kerja Sama Fungsional ASEAN, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Indonesia J.S. George Lantu menyampaikan hal tersebut.

Dari delapan bidang yang dibuka, Indonesia memiliki kekuatan di 4 bidang, yaitu engineering (teknisi), perawat, kepariwisataan, dan arsitektur. “Indonesia memiliki peluang yang sangat bagus di mana kualitas tenaga kerja di empat bidang tersebut telah diakui hingga luar negeri”, tegas Lantu.

Adapun Empat bidang lain yang dibuka yaitu akuntan, tenaga survei, praktisi medis, dan dokter gigi. Terutama untuk bidang akuntan dan tenaga survei, Indonesia masih kekurangan tenaga ahli di bidang tersebut.

Pemerintah pun berupaya meningkatkan produktivitas dan kompetensi tenaga kerja melalui Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di berbagai daerah. Program pelatihan ini juga diakreditasi agar dapat menjamin kualitas, sekaligus indikator pengakuan lulusannya.