AUD/USD Ambruk 22 Oktober 2015

Kam, Okt 22, 2015
AUD USD Hari Ini

Harga dolar Australia terhadap dolar Amerika Serikat (AUD/USD) tercatat semakin ambruk hari ini Kamis tanggal 22 Oktober 2015 sejak 12 Oktober 2015 lalu. Meskipun sebelumnya sempat naik karena dirilisnya data Kepercayaan Konsumen NAB yang turun. Sementara itu yang menyebabkan AUD/USD ambruk adalah berita tentang Commonwealth Bank Australia yang akan menaikkan suku bunga kredit perumahan atau home loan rate.

Dampaknya para trader mengambil perutungan untuk bertaruh bahwa keputusan tersebut akan menjadi pertimbangan Bank Sentral Australia untuk memperlonggar kebijakan moneternya. Akibatnya dolar Australia mengalami penurunan sampai setengah sen dolar Amerika Serikat sesudahnya. AUD/USD ambruk sampai posisi 0.718 dari posisi sebelumnya pada posisi 0.723.

Pergerakan dolar Australia terhadap dolar Amerika Serikat hari ini menampilkan volatilitas yang tinggi untuk pertama kalinya sejak merespon keputusan Bank Commonwealth menaikkan variabel suku bunga kredit perumahan sebanyak 15 poin. Selain Bank Commonwealth, Bank Westpac sudah lebih dulu menaikkan suku bunga kredit rumah sebesar 20 poin. Walaupun penurunan AUD/USD sangat drastis hari ini, hal lain yang menyebabkan penurunan adalah akibat pelemahan yang dipicu oleh keraguan terkait permintaan biji besi oleh China maupun penguatan Dolar Amerika Serikat.

AUD/USD terpantau dari data Reuters siang ini berada di posisi 0.7202

AUD USD Hari Ini 221015