8,1% Saham SUGI dibeli Dapen Pertamina

Jum, Okt 16, 2015
saham sugih

Dana Pensiun (Dapen) Pertamina menambah kepemilikan sahamnya di PT Sugih Energy Tbk (SUGI) menjadi 8,1% atau setara dengan Rp700 miliar. Pada bulan September lalu, Dapen Pertamina membeli saham SUGI sebanyak 1,55 juta saham, dengan dana yang dikeluarkan mencapai Rp 605,7 miliar.

Direktur Utama Dana Pensiun Pertamina, Helmi mengungkapkan sebenarnya pihaknya sudah lama berencana untuk membeli saham SUGI. Pasalnya SUGI memiliki blok-blok migas yang tingkat resikonya relatif rendah. Blok migas itu berada berada pada cekungan hidrokarbon yang telah terbukti dan ada di wilayah-wilayah yang memiliki infrastruktur yang telah terpasang. Perseroan tersebut dinilai mempunyai potensi yang besar untuk meraup keuntungan diranah migas pada 2016 mendatang.

Berdasarkan hasil audit tahun 2014 lalu, Dapen Pertamina merupakan salah satu dana pensiun terbesar di Indonesia yang memiliki total aset kelolaan lebih dari Rp 10 triliun dengan tingkat pengembalian investasi sebesar (ROI) 29.93%.

Presiden Direktur SUGI, Andhika Anindyaguna mengaku sangat senang dengan masuknya Dapen Pertamina sebagai investor institusi salah satu pemegang saham terbesar perseroan. Hal ini membuktikan bahwa rencana bisnis perseroan dipercaya dapat terealisasikan. Andhika berharap institusi-institusi keuangan lainnya dapat mengikuti langkah Dapen Pertamina, sehingga perseroran mempunyai portofolio investor yang lebih luas.