4 Modus Umum Pialang Ilegal

Sen, Nov 30, 2015
pialang ilegal

“Lalu bagaimana jika saya trading dengan pialang ilegal? Memang ada beda ‘real’nya?” Pertanyaan ini sering muncul dari para trader yang sudah trading di pialang ilegal. Ada beberapa modus operandi yang umumnya terjadi pada pialang ilegal karena mereka tidak berada di bawah pengawasan Lembaga Regulator yang resmi maka hal- hal berikut dapat terjadi sewaktu-waktu.

1. Pembandaran

Lawan transaksi trader adalah perusahaan pialang itu sendiri. Jika Anda profit maka perusahaan pialang loss, jika Anda loss maka perusahaan pialang profit. Nah masalahnya adalah jika Anda terus- terusan profit dan perusahaan pialang terus- terusan loss, tidak ada perusahaan yang dibuat untuk terus- menerus loss dan di sini sudah menjadi seperti bandar judi, dimana transaksi yang terjadi hanya semu antara Anda dan perusahaan pialang ilegal bukan dengan market.

2. Dana Tidak Bisa Ditarik

Karena kondisi yang terjadi pada nomor 1, maka kita akan menemui bahwa ketika profit, dana tidak dapat atau sulit atau dipersulit untuk ditarik karena memang transaksi tidak disalurkan ke market sehingga pembayaran profit harus dilakukan dari kantong perusahaan pialang ilegal. Umumnya akan muncul berbagai alasan yang intinya dana profit sulit ditarik atau mereka hanya mendiamkan saja permintaan atau keluhan Anda.

3. Anomali atau Keanehan pada Platform Trading

Saat market bagus, tiba- tiba sistem freeze, order untuk taking profit tidak bisa masuk, dan berbagai kekreatifan lain untuk menghalangi Anda mendapatkan profit. Namun khusus untuk saat market ramai atau hectic terutama saat keluarnya berita gangguan sistem adalah hal yang wajar terjadi karena masuknya order transaksi yang sangat banyak pada saat yang sama.

4. Pengawasan Semu

Terdaftar pada badan regulator semu yang dibentuk oleh perusahaan pialang sendiri demi kepentingan perusahaan pialang bukan kepentingan investor.

Oleh karena itu jangan mudah tertipu dengan iming- iming kemudahan dan tawaran yang menggiurkan oleh pialang ilegal. Periksalah latar belakang, sejarah, dan legalitas perusahaan trading forex. Hal ini guna mencegah terjadinya kehilangan dana serta ketidakjelasan dana profit yang tak bisa ditarik oleh nasabah. (MW)